Sebangau for Community

Jam menunjukkan pukul 03.42 WIB saat saya menulis artikel ini. Seperti biasa, ide untuk menulis bisa datang sewaktu-waktu dan nggak bisa ditunda. Apalagi periode tidur sudah mulai pendek karena usia sudah cenderung muda (menjauh dari muda) meskipun casingnya berusaha dipoles, jadilah sering terbangun jam 3 pagi.

Ide menulis kali ini tentang peran serta dalam masyarakat. Saya ingat pada tanggal 13 November 2017, Mbak Novi teman saya dari Balai Taman Nasional Sebangau menelpon saya dan meminta bantuan untuk mendampingi komunitas kecil pengemudi getek (kelotok/perahu) untuk belajar Bahasa Inggris. Mereka adalah penduduk lokal di Pelabuhan Kereng Bangkirei yang juga berperan sebagai pemandu wisata di Taman Nasional Sebangau. Terus terang sifat sombong saya sebagai manusia spontan muncul. Saya seorang pehade koq disuruh ngajarin bahasa Inggris; sudah over qualified, gak dibayar pula. Roh Kuda saya sudah berteriak-teriak untuk menolak ajakan tersebut.

Untung saja masih ada Roh Kudus yang mengingatkan saya bahwa keberhasilan saya menyelesaikan sekolah juga karena peran serta masyarakat Sebangau. lagipula bukankah seseorang dengan gelar pehade menjadi lebih bernilai dari sekedar selembar sertifikat ketika bisa memberikan manfaat bagi masyarakat? (mengutip Kang Sobary dan Mas Yanuar Nugroho).

Jadilah saya berkomitmen dengan Balai Taman Nasional Sebangau (Om Tatang, Mbak Novi) dan Dinas Pariwisata Kota Palangka Raya (Mas Endri, Mas Ryan dan Mbak Ririn) untuk memberikan bimbingan Bahasa Inggris dan etika pariwisata dengan nama SEBANGAU FOR COMMUNITY seminggu sekali (setiap hari Selasa) selama setahun  for FREE!!.. http://ksdae.menlhk.go.id/berita/2035/sebangau-for-community,-berbagi-bersama-masyarakat.html

Kegiatan ini sudah berjalan 3 minggu dan saya sadar akhirnya saya diberikan kesempatan untuk bisa membagikan pengetahuan saya yang tidak seberapa ini kepada masyarakat. Apalagi ada rasa bahagia jika melihat wajah-wajah gembira dan semangat  masyarakat. Semoga kegiatan ini berkelanjutan dan kalau ada peminat bisa ikutan juga lho, entah mau jadi peserta atau mau jadi pengajar pasti kita sambut baik 🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s