Dies Natalis Fisip UPR 2018

Siapa yang gak senang dapat ucapan selamat ulang tahun? Mungkin sih tetap ada, tapi rata-rata semua senang mendapatkan ucapan tersebut. Meskipun perasaan senangnya tidak seperti jaman anak-anak karena punya hadiah banyak, tetapi paling tidak ada doa dan harapan yang disampaikan sehingga dapat memberikan semangat baru.

Hari ini kampus FISIP UPR (Universitas Palangka Raya) berulang tahun yang ke-6. Perayaannya sederhana dengan potong tumpeng dan doa bersama.

IMG_0469

Pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan FISIP hadir dalam acara tersebut. Secara implisit ini menunjukkan semangat kebersamaan.  Acara ini juga jadi kesempatan bagi saya untuk minta foto dengan Bapak Dekan. Terlihat jelas kan antara mana yang aura  Dekan dan aura dosen cupu? Hehehe….

Saya juga mengambil foto dengan para dosen senior lho. Fotonya saya sengaja buat besar dibawah supaya bisa dinikmati para penggemar jelas alias nggak kabur. Keren dan ok kan? Padahal sudah ada yang usianya masuk dalam periode ‘diamond age’ yang jelas bukan saya dan ibu bos Administrasi Publik yang wajahnya 11-12 dengan Ibu Menkeu RI namun semangatnya tetap keukeuh muda euy!..

 

IMG_0464

Dilihat dari foto itu dan setelah saya refleksikan  dengan fakultas lain di UPR, ternyata FISIP adalah fakultas yang unik, heterogen tapi bersifat universal,  karena tipe dosen dan mahasiswa yang aneh-aneh beraneka ragam jadi amat sangat kritis dan komplainist dinamis. Justru disinilah letak kehebatan FISIP, dengan mengutip Prof. Khasali dalam buku keduanya tentang disruption, beliau mengatakan bahwa organisasi yang bisa bertahan hidup / survive justru adalah organisasi yang harus mencari dan biasa menghadapi masalah karena dengan itu mereka selalu mencari solusi. Lagipula bukankah FISIP adalah tempat untuk mempersiapkan calon pemimpin? Berarti mentornya alias dosen termasuk saya juga harus biasa menghadapi masalah dengan tetap berusaha mencari solusi, bukan memilih tidur di kasur / BED (Blame, Excuse, Denial).

Anyway tanpa panjang kali lebar karena sudah terlalu banyak diskusi di atas, saya hanya mau mengucapkan Fortuna dies natalis et proviciat FISIP UPR!..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s