Menjadi Juri LKS Tourist Industry

Tanggal 5-6 Maret 2018 saya diminta menjadi juri Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang industri wisata untuk sekolah vokasi di Provinsi Kalimantan Tengah. Saya pribadi diingatkan kembali bahwa sekolah vokasi atau sering dikenal dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) inilah yang sebenarnya diperlukan secara langsung dalam dunia tenaga kerja.

Di seluruh SMK yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, hanya ada 3 SMK yang memberikan pendidikan usaha perjalanan wisata (UPW) yaitu SMK di Palangka Raya, Sampit dan Pangkalan Bun. Animo pelajar pada jurusan ini kadang-kadang memang tidak terlalu banyak. Namun demikian animo tersebut sebenarnya bisa didorong dengan pemberian insentif bantuan pendidikan dan tentu juga memberikan lapangan kerja yang tepat, apalagi katanya sektor pariwisata telah terbukti dapat menjadi tulang punggung bagi perekonomian semua negara.

Jadi Juri SMKKalau saja ada pemberian insentif pendidikan seperti beasiswa untuk pelajar SMK dan juga jaminan tersedianya lapangan kerja di sektor pariwisata, pasti masyarakat di daerah pariwisata tersebut lebih makmur, lebih kreatif dan lebih bahagia. Lagipula, manusia yang terlibat di sektor pariwisata awet muda dan banyak tertawa seperti saya dan Ibu Etty (Juri Nasional) dalam foto di samping ini.

Salam pariwisata Indonesia…!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s