Seminar KPK di Surabaya

Tanggal 16-18 Oktober 2018 saya mendapat tugas dari Pimpinan Universitas Palangka Raya untuk menghadiri undangan Seminar KPK di Surabaya dengan Tema: Tata Kelola yang Bersih dan Baik di Lingkungan PTN.

Pada kesempatan ini saya juga banyak belajar bagaimana sulitnya menjadi seorang ASN yang bersih dari suap, gratifikasi dan perilaku koruptor. Saya masih ingat pencerahan dari Bang Gandjar Laksmana bagaimana gratifikasi menyalahi hukum alam atau dengan metafor memberikan apel ke atas. Hukum Newton tentang gravitasi jelas memberitahukan bahwa apel selalu jatuh ke bawah, namun gratifikasi adalah memberikan apel ke atas. Masih ingat dengan kasus apel Malang dan apel Washington kan?!hehehe…Namun demikian, menjadi ASN yang bersih juga bukan sesuatu yang tidak mungkin (asal penghargaan alias gajinya cucok, hehehe).

Masih banyak lagi pelajaran yang didapatkan dari seminar KPK ini dan semua materinya bisa diunduh di link di bawah ini:

https://drive.google.com/open?id=1k4E-TqaYJQB1jB1xvbysgCwp8oF5Shj2

Silahkan dibaca-baca dan dipelajari ya, katanya Mas Agung dari KPK: ‘Memahami untuk Membasmi’….

Yang pasti, mohon dipikirkan lagi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil karena tanggung jawabnya berat, tapi penghargaannya belum maksimal. Jangan pernah berpikir ingin hidup kaya dengan jadi PNS, jangan-jangan malah kesandung masuk penjara karena gak paham aturan-aturan suap, gratifikasi dan korupsi.

Anyway, ini kenang-kenangan foto dari seminar tersebut dengan beberapa teman baik seperti Mbak Hj. DR. Novea, Mas Gandjar dan peserta seminar lainnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s