Panduan Tematik Tata Kelola Destinasi Wisata

Saat saya menulis ini, saya sedang berbagi dengan teman-teman pelaku dan pakar pariwisata di Pangkalan Bun. Kami saling mengingatkan bahwa pariwisata tidak dapat tumbuh alami tetapi perlu direncanakan dan dikelola dengan melibatkan semua aktor. Mudah untuk diucapkan namun banyak tantangan untuk mengimplementasikannya.

Kalau pertemuan ini dapat digunakan sebagai sampel sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Kotawaringin Barat (Kobar), maka saya berpendapat bahwa potensi SDM di Kobar sudah sangat siap menyambut bonansa pariwisata. Dan tepat juga kalau selama ini saya berkata bahwa Kobar adalah gerbangnya pariwisata di Central Kalimantan. Atraksi unik (orang utan) dan SDM sudah siap.

Namun demikian, saya berharap bahwa pihak terkait jangan malu-malu untuk menyambut kunjungan wisatawan yang pasti semakin bertumbuh. Ibarat kepala dilepas tetapi ekor masih dipegang. Konservasi dan rekreasi memang sulit disatukan namun bisa dicari win-win solution. Feeding time adalah daya tarik utama sehingga posisi wisatawan untuk mengamati orang utan dapat diatur ulang dengan membuat tempat tersembunyi seperti bunker di empat sisi sehingga tidak mengganggu orang utan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kobar juga perlu membuatkan tempat transit untuk menjual souvenir (shopping arcade) dimana para operator perlu berhenti sejenak sebelum mengantarkan para wisatawan kembali ke Bandara Iskandar. Kita perlu mengingat proses impulse buying, tidak perlu meminta wisatawan untuk berbelanja tetapi cukup katakan bahwa ada peraturan yang mewajibkan para tour operator melaporkan kegiatan mereka sehingga perlu berhenti selama 30 menit di shopping arcade. Dengan sendirinya kehadiran toko-toko souvenir atau toko lain yang menarik akan merangsang wisatawan untuk melihat dan bahkan membeli souvenir yang tadinya tidak direncanakan.

Anyway, ini sebagian file yang bisa disharing yaitu materi presentasi dan untuk membuat rencana bisnis (formatnya) yang dapat diklik di bawah ini. Selain itu juga ada foto kenang-kenangan, maaf agak sulit cari foto saya karena tidak berbaju putih kali ini namun teteppp pakai selendang, hehehehe..  Monggo….

Panduan Tematik Tata Kelola Destinasi Wisata

Presentasi Panduan Tematik Tata Kelola Destinasi Wisata

Format Rencana Bisnis

 

IMG_E2986JGSQ4685IMG_2929

Salam Pariwisata Indonesia!!….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s