Akreditasi ‘A’ Ilmu Administrasi Negara FISIP UPR

Akhirnya pada tahun 2019 nilai akreditasi A diperoleh Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara/Publik (IAN) sejak berdiri tahun 2012 di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya (FISIP UPR). Dan yang paling membanggakan lagi, Prodi IAN adalah prodi yang pertama di Universitas Palangka Raya yang mendapat nilai akreditasi A dari 53 prodi yang ada.

Akreditasi A IAN Fisip UPR

Saya tahu benar bagaimana perjuangan teman-teman untuk mengerjakan dokumen, persiapan kunjungan (visitasi) sampai dengan kepulangan asesor (penguji) setelah membombardir habis dokumen dan realita yang ada di fakultas kami. Sedihnya adalah, saya tidak ada saat visitasi tersebut karena sedang berada di Budapest untuk mengikuti konferensi internasional. Semoga saya ada di tempat ketika visitasi berikutnya di Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip UPR dilakukan.

Dari pengalaman saya mengikuti proses akreditasi, ternyata administrasi bukanlah satu-satunya faktor utama yang diperlukan namun masih ada faktor komunikasi dan koordinasi dari semua pihak mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga pendidik sampai dengan pimpinan perguruan tinggi alias rektor. Kelengkapan administrasi tanpa koordinasi dengan semua pihak tidak akan membuat prodi ini mendapatkan nilai A. Selain itu yang tidak kalah penting yaitu semua juga perlu diawali dengan ‘NIAT’ dan yakin bahwa ‘Bagi Tuhan Tak Ada Yang Mustahil’ (bukankah demikian Pak Ketua Jurusan Jaya?’.

Tugas kami sekarang adalah mempertahankan nilai A tersebut sehingga FISIP dan UPR secara umum memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Is fecit cui prodest!…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s