Pemahaman Awal Untuk Menulis Skripsi

Banyak Beberapa mahasiswa saya tidak mengerti bagaimana memulai menulis skripsi untuk persyaratan mendapatkan gelar sarjana dan pada akhirnya saya sendiri yang membutuhkan banyak waktu untuk membimbing skripsi mahasiswa. Kemudian saya berusaha berempati kepada mahasiswa dan mulai membuat langkah singkat yang semoga dapat membantu mahasiswa memahami langkah membuat skripsi.

Sepanjang yang saya ketahui, mahasiswa dengan gelar Sarjana diharapkan menjadi pendukung teori dengan mengaplikasikannya pada kasus; Magister diwajibkan untuk dapat memilih teori yang paling tepat untuk menyelesaikan kasus; sedangkan Doktor diharapkan dapat membuat sebuah teori baru untuk menyelesaikan kasus. Oleh karena itu saya memberikan saran kepada para mahasiswa yang mau memulai menulis skripsi  supaya mendapatkan pemahaman awal untuk menulis skripsi sebagai berikut:

Mulailah dari Bab 2
1. Pilih dan pahami Teori yang digunakan
2. Tulis pemahaman tersebut minimal 5 halaman
3. Adakah indikator dari teori tersebut untuk menganalisa sebuah kasus (bisa menggunakan teori pendukung)
4. Bagaimana indikator yang ideal sesuai dengan teori
5. Cari pendukung teori atau penelitian lain yang telah menggunakan teori ini

Mengisi uraian pada Bab 1
6. Cari kasus yang sesuai dengan teori yang akan digunakan
7. Jelaskan latar belakang / masalah yang ada (mengapa topik ini penting?, mengapa memilih lokasi ini dengan alasan akademis) sehingga dapat dianalisa dengan teori yang sudah dipilih

Cara untuk melakukan peneitiannya dapat dijelaskan pada Bab 3
8. Pilih metode penelitian (bandingkan antara kuantitatif dan kualitatif) dan alasan penggunaannya (mengapa lebih memilih ke salah satu metode penelitian tersebut)
9. Tentukan narasumber atau responden penelitian

Kemudian barulah menuliskannya sesuai dengan Buku Panduan Menulis Skripsi yang salah satunya dikeluarkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya yang dapat diunduh di LINK ini. Buku ini dapat dipergunakan sebagai contoh panduan untuk menulis supaya ada konsistensi dalam format penulisan dan membiasakan menulis sejak dini dengan benar karena ‘Practice makes Perfect’!..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s