Bertemu sensei-nya Abah

Bagaimana rasanya bertemu gurunya ‘guru’? Guru Kuadrat…

Rasanya bahagia dan tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata (buseetttt, ngalahin ketemu pacar bro?…)

Sperti tulisan saya sebelumnya, saya punya mentor virtual namanya Abah Hamid (https://bhayurhama.com/2017/06/22/menulis-dengan-hati/ dan https://bhayurhama.com/2017/10/14/penasihat-spiritual/).

Ceritanya begini. Pada saat saya menulis ini saya sedang mengikuti Konferensi Internasional di Makasar sebagai pemakalah Halal Tourism in Indonesia National Park. Di tempat inilah saya bertemu Oyamada Sensei (Gurunya Abah Hamid saat mengambil pehade di Doshisha). Abah Hamid saja sudah saya anggap guru karena kehadirannya memberi pencerahan, apalagi bertemu dengan gurunya, ckckckckck….Beliau (Oyamada Sensei) sangat humble, benar-benar mencerminkan seorang professor (baik secara substansi, administrasi ataupun pribadinya). Tidak heran kalau murid-muridnya menjadi cerminan beliau. Ini yang harus saya hayati lebih dalam, bahwa mahasiswa saya akan menjadi cermin saya (sebagai dosen). Mungkin terlalu idealis diterapkan mahasiswa S1, tapi setidaknya tetap membuat para dosen berpikir bahwa keberhasilan mahasiswa di dalam masyarakat (setelah lulus sarjana) adalah keberhasilan dosen juga demikian pula sebaliknya kegagalan mahasiswa juga merupakan cermin kegagalan dosen.

Supaya tidak hoax, foto saya dan Professor Eiji Oyamada, PhD (Oyamada Sensei) bisa dilihat di bawah ini…

Oyamada sensei

 

Saya ucapkan selamat belajar untuk Abah di Leiden (ckckck…belajar terus) dan semangat untuk menulis selalu ya ! All the best and allow me to be your follower always in order to enlighten our neighbourhood…

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s