Tim Seleksi Guru Berprestasi

Kali ini saya direkomendasikan Pak Gunarjo (Kepala Sekolah BCU) untuk ikut menguji Guru Berprestasi di Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Ini pengalaman pertama saya ikut sebagai tim seleksi. Namun saya kaget juga ternyata pesertanya tidak banyak padahal tingkatnya provinsi. Semua guru mulai dari TK sampai yang setingkat SMA diharapkan ikut berpartisipasi dalam program tahunan Kemendikbud. Sepertinya bagus juga untuk penelitian dengan mengambil tema tingkat partisipasi guru dalam program guru berprestasi. Hasil penelitian bisa dijadikan masukan untuk pengambil kebijakan apakah rendahnya tingkat partisipasi disebabkan informasi yang kurang, mepetnya waktu pengumuman dan pendaftaran atau para guru kuatir ketauan gak pinter?

Alasan terakhir ini (yaitu ketauan gak pinter) sebenarnya juga merupakan salah satu alasan saya pikir2 untuk ikut berkompetisi, selain alasan primer lainnya yaitu males, hehehe…Saya punya pengalaman sewaktu ikut seleksi KPU (Komisi Pemilihan Umum) tingkat provinsi Kalimantan Tengah. Saat itu saya belum sadar bahwa ada kemungkinan masyarakat menilai saya sebagai ‘doktor gagal’ ketika saya gagal dalam proses seleksi. Pasti ada saja yang nyeletuk ‘Sudah sering jadi anggota tim seleksi tapi ternyata gak lulus juga ketika diseleksi’. Namun sebenarnya banyak sisi positif ikut kompetisi antara lain, menambah pengalaman, merasakan kegagalan sehingga tidak cengeng dan tentu saja mengasah kemampuan. Lagipula belum tentu juga seorang komentator bola dituntut pintar bermain bola.

Yang penting bagi saya, menjadi tim penguji zaman now ini bukan untuk memperlihatkan kita sebagai penguji lebih baik daripada peserta seleksi, namun untuk memberikan kritik yang membangun supaya di kemudian hari para peserta bisa lebih baik dari yang sekarang.

Ini kenang-kenangan foto saya bersama tim seleksi yang hebat-hebat, mulai dari Bapak Gunarjo, Prof Maria, Dr Demitra (saya baru tau kalau beliau istri guru matematika saya di SMP Katolik ST. Paulus) dan juga Mbak DR. Nurul Hikmah. Salam hormat…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s