Pengalaman KPU Jilid 2

Saya punya janji pada diri sendiri untuk  menuliskan keedanan saya berkompetisi lagi di seleksi KPU Kota Palangka Raya tahun 2018 (yang pertama adalah seleksi KPU provinsi yang sudah saya tuliskan sebelumnya di bulan Mei 2018). Dan ini adalah kedua kalinya saya melakukan beberapa kali tes, yaitu tes (1) Computer Assisted Test (CAT) atau ujian tertulis berbasis komputer yang sebenarnya sama saja dengan tes manual namun hasilnya lebih cepat diketahui dan lebih obyektif. Tes (2) psikologi yang paling saya ingat yaitu tes Koran Pauli. Tes ini hanya menjumlahkan angka 1-10 namun prosesnya ratusan dan ditulis dalam selembar kertas yang besarnya mirip kertas koran, mumetz dan kadang bikin stuck di perjalanan menghitung, hehehe…. Tes yang ketiga yaitu tes (3) kesehatan yang disambung dengan tes (4) wawancara panitia. Dan tes yang terakhir adalah tes (5) wawancara dengan Komisioner KPU.

Bagaimana hasilnya? Hasilnya nihil lagi. Lagi-lagi saya berhasil melewati semua tes tersebut dan mendapatkan peringkat 7 namun yang menjadi komisioner KPU aktif baik di tingkat provinsi dan kota hanya di peringkat 5 besar. Jadilah saya menjadi pemain cadangan anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah dan KPU Kota Palangka Raya.

Banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan dalam proses tersebut, mulai dari kemampuan kognitif tentang pemilu seperti dasar hukum pemilu, metode perhitungan suara sainte league sampai dengan bagaimana mengendalikan kemampuan afektif saat menunggu pengumuman maupun menerima hasil hanya menjadi pemain cadangan.

Pengalaman seleksi KPU ini saya anggap sebagai proses menempa diri untuk tetap berusaha, berlatih dan tidak berhenti berdoa. Saya menganggap bahwa semua peluang perlu dicoba dan nikmati prosesnya. Paling tidak, nama Bhayu Rhama bisa masuk koran dan mulai dikenal kembali setelah bertapa selama 4 tahun di padepokan Queen Elisabeth, hehehehe…

Salam Sukses selalu!..

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s