Peringkat Universitas Palangka Raya 2018

Akhirnya hasil evaluasi universitas dari ‘Kemeriting’ (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) tahun 2018 dipublikasikan. Hasilnya agak kurang menggembirakan bagi Universitas Palangka Raya (UPR). Tahun 2017 kami memiliki peringkat 84 di seluruh perguruan tinggi di Indonesia (https://bhayurhama.com/2018/03/16/perkembangan-peringkat-upr/), namun disayangkan di tahun 2018 ini peringkat UPR bertengger di 97.

Peringkat UPR 2018

Secara jelas bisa terlihat terjadi penurunan peringkat atau ranking UPR. Uniknya, dibandingkan dengan tahun lalu, peringkat SDM UPR 2018 (33) lebih tinggi dari tahun sebelumnya (2017:40), tapi komponen lainnya (Kelembagaan, Kemahasiswaan dan Penelitian) mengalami penurunan.

Kemudian ada 1 komponen baru dalam penilaian tahun 2018 yaitu ‘Inovasi’ yang herannya mendapatkan nilai 0. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak di UPR karena modal utama pengembangan organisasi yaitu SDM telah dimiliki namun belum dimaksimalkan untuk membangun prestasi UPR.

Anyway, prestasi UPR sebagai sebuah institusi tidak bisa mengandalkan 1 atau 2 pihak saja tetapi harus dilakukan secara holistik oleh semua pihak.

Hadeeuuhh, salah fokus buat nulis, tadinya mau nulis yang ringan-ringan sambil liat film pakai internet koq malah nulis yang berat-berat. Semoga gak mimpi buruk…..

Happy weekend!….

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s