Pelatihan SPMI-Yogyakarta 2019

Tanggal 15-16 Juni 2019 saya diberi kesempatan dan mengemban tugas untuk mengikuti pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi oleh Universitas Gadjah Mada di Hotel Eastparc di Yogyakarta.

SPMI sendiri merupakan keharusan secara yuridis karena diamanatkan oleh undang-undang dan juga merupakan persyaratan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Namun yang paling penting dari itu adalah, SPMI mendorong agar perguruan tinggi dikenal (direkognisi) oleh masyarakat karena kepakarannya/keahliannya. Inilah sistem yang membantu untuk memunculkan keunikan dari sebuah perguruan tinggi sehingga memberikan dampak dari masyarakat. Namun demikian, sepertinya SPMI juga diperlukan oleh para pejabat struktural di universitas sehingga ada persamaan persepsi untuk menjadikan uiversitas berkualitas dan unggul dalam bidang tertentu.

Jawaban simpel atas baik atau buruknya kualitas pendidikan di perguruan tinggi yaitu saya (sebagai dosen) dengan tegas dan bangga akan memasukkan anak-anak saya ke melanjutkan pendidikan di universitas tempat saya mengabdi. Bagaimana dengan kawan-kawan dosen?

Berikut seperti biasa saya sampaikan oleh-oleh foto dari kegiatan pelatihan ini termasuk materi pelatihan yang bisa diunduh di link ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s