Surat pengaktifan kembali jadi dosen dan surat penyetaraan ijazah luar negeri

Hilang sudah status mahasiswa saya (gak mau berasa tuaaaa)…Minggu ini saya resmi menjadi dosen aktif setelah mendapatkan Surat Keputusan dari Rektor tentang pengangkatan kembali, apalagi surat penyetaraan ijazah saya juga telah selesai.

Tapi biar gak gagal fokus jadinya kita membahas kedua surat itu aja deh. (i)  Surat aktif kembali diperlukan supaya semua tunjangan dosen bisa normal kembali (dosen hanya dapat gaji pokok selama tugas belajar) dan (ii) surat penyetaraan ijazah diperlukan karena semua pendidikan yang diperoleh dari luar negeri harus disetarakan jenjangnya dengan standar pendidikan dalam negeri. Jadinya semua sarjana lulusan luar negeri diwajibkan untuk melakukan proses penyetaraan.

Syarat pengaktifan kembali agak berbeda di setiap instansi tapi secara umum bisa diklik di link ini 0PERSYARATAN-PENGAKTIFAN-KEMBALIDOSEN-DAN-TENAGAKEPENDIDIKAN-PNS

Sedangkan syarat penyetaraan ijazah bisa dilihat di http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ yang prosesnya sudah lumayan bagus, seperti bikin visa atau ijin berkunjung ke negara lain.

Setelah semua dokumen lengkap tentu kemudian bisa diserahkan ke bagian yang berkaitan. Untuk penyerahan dokumen pengaktifan bisa diserahkan ke bagian kepegawaian universitas yang bersangkutan. Sedangkan, untuk penyetaraan ijazah, selain mengikuti petunjuk dalam website tersebut kemudian menyerahkannya ke Kemenristekdikti Gedung D di bagian Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu atau PINTU (letaknya di depan aja, disamping pintu masuk utama, jadi nggak perlu minta kartu visitor buat masuk). Sudah mirip-mirip gerai telkom atau grapari gitu deh.

PINTU Dikti

Ketika mau berkunjung ke PINTU, yang perlu diingat adalah pastikan selalu membuat janji temu (appointment) di web tersebut untuk memasukkan dokumen ataupun mengambil surat keputusan penyetaraan. Oya, Kemenristekdikti tidak otomatis menyediakan fotocopy SK Penyetaraan yang sdah dilegalisir. Jadi kalau mengambil SK Penyetaraan jangan lupa bawa amplop coklat (atau beli di loket Kantor Pos di basement Gedung D) supaya dokumen legalisir bisa dikirimkan (gratis).

Proses mendapatkan semua surat tersebut saya dapatkan masing-masing dalam waktu 1 bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s